1. Rangkai rangkaian pada alat sesuai dengan modul.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan rangkaian.
2. Tulis program untuk arduino di software Arduino IDE.
3. Compile program tadi, lalu upload ke dalam arduino.
4. Setelah program selesai di upload, jalankan rangkaian.
2. Hardware dan Diagram Blok
[Kembali]
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
[Kembali]
Prinsip Kerja :
Pertama-tama, langkah awal adalah menghubungkan mikrokontroler Arduino dengan keypad dan layar LCD sesuai dengan modul Praktikum yang telah disediakan. Setelah itu, kode yang telah disiapkan akan diunggah ke dalam mikrokontroler atau Arduino Uno. Proses inisialisasi akan dimulai, di mana pin untuk keypad dan layar LCD akan dikonfigurasi, dan kemungkinan komunikasi serial juga akan diinisialisasi. Setelah proses inisialisasi selesai, mikrokontroler akan memulai pemantauan input dari keypad secara kontinyu. Saat tombol pada keypad ditekan, mikrokontroler akan mendeteksi sinyal yang masuk dari pin yang terhubung ke keypad. Nilai dari tombol yang ditekan akan diekstraksi, dan kemudian nilai tersebut akan ditampilkan di layar LCD. Proses ini akan berlangsung terus-menerus, sehingga setiap interaksi dengan keypad akan menghasilkan respons yang sesuai di layar LCD. Sebagai contoh, jika tombol 3 ditekan, angka 3 akan ditampilkan pada layar LCD, dan seterusnya. Keypad bekerja dengan prinsip pemindaian, yaitu melakukan pemindaian pada baris dan kolom dari keypad itu sendiri sehingga ketika angka atau posisi angka yang ditekan, secara otomatis akan memunculkan angka sesuai dengan letaknya. Jika tombol ditekan secara bersamaan, data atau angka yang muncul akan sesuai dengan baris dan kolom yang dipindai lebih dahulu.
4. Flowchart dan Listing Program
[Kembali]
Flowchart :
// Include the Keypad library
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
Percobaan 4 : Keypad dan LCD
6. Video Demo [Kembali]
7. Soal Analisa
[Kembali]
1. Analisa kenapa data pin yang kita gunakan hanya dari D4- D7, serta jelaskan pin2 lcd yg lainnya
Jawab:
Pada percobaan 4 ini kita hanya menggunakan pin D4-D7 dikarenakan
untuk menghemat penggunaan pin karena keterbatasan pin pada arduino. Selain
itu, hal ini juga bisa karena LCD diatur ke mode 4 bit, yang mana hanya 4 pin
data yang digunakan dalam mengirimkan data (informasi). Karena hanya
menggunakan mode 4 bit dengan memori yang lebih sedikit dari 8 bit sehingga proses
pengiriman data menjadi lebih lambat. Selain itu, pin yang digunakan harus
saling berurutan seperti D4, D5, D6, D7.
2. Analisa bagaimana cara kerja dari keypad sehingga bisa menampilkan hasil pada LCD, jelaskan kenapa bisa mendeteksi berbagai huruf dan angka
Jawab:
Tombol-tombol pada dalam keypad disusun dalam baris dan kolom. Percobaan ini menggunakan keypad 4x4, dimana memiliki 4 baris dan 4 kolom. Setiap tombol memiliki switch membran. Setiap switch dalam satu baris akan terhubung dengan switch lain yang berada dalam satu baris tersebut.
Setiapswitch dalam kolom dihubungkan dengan cara yang sama yaitu satu sisi switch dihubungkan ke semua switch yang ada dalam kolom tersebut. Menekan tombol pada keypad akan menutup peralihan anara kolom dan jejak baris, hal ini memungkinkan arus akan mengalir antara pin baris dan kolom.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar